Bripka Sugeng Pendiri Taman Bacaan bagi anak - anak di Kelurahan  Binaannya

Bripka Sugeng Pendiri Taman Bacaan bagi anak - anak di Kelurahan  Binaannya

SURABAYA - Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat merupakan tugas utama korps Polri.

Hal itulah yang juga ingin diwujudkan oleh Bripka Sugeng Bhabinkamtibmas Polsek Bubutan Polrestabes Surabaya, Sabtu (6/11/2021).

Berbagai cara ditempuh Bripka Sugeng seperti melalui sosialisasi, Bansos, pembinaan, hingga pemanfaatkan lahan kosong bekas pengolahan kayu di ujung Gang 3 Tembok Lor, Surabaya yang menjadi wilayah binaanya.

Dengan niat yang baik, Bripka Sugeng membangun Taman Baca yang sebelumnya telah dirapatkan bersama pengurus kampung setempat.

Taman baca tersebut diisi dengan rak etalase dan 250 buku dengan beraneka buku seperti buku cerita, pengetahuan alam, ensiklopedia, sejarah dan sains.

Taman baca ini juga disambut baik oleh anak-anak setempat yang nampak begitu gembira bak tengah berada di wahana bermain dengan membaca buku mereka yang merupakan jendela dunia.

Kemauan dan usaha tulus yang ditunjukan oleh Sugeng untuk mencerdaskan anak-anak yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa di masa depan bahkan dilakukan dengan merogoh kocek pribadinya. Namun demikian Sugeng tetap ikhlas.

“Jangan berhitung materi dengan ilmu pengetahuan, jika generasi penerus kita adalah orang-orang yang hebat dan pintar, kita juga yang bangga karena awalnya berkat niat keinginan diri kita, ” ucap Bripka Sugeng.

Sugeng sendiri menjadi sosok abdi negara yang dikagumi dan dicintai anak-anak yang sampai menarik dirinya yang baru turun dari motor dan berjalan beberapa langkah sembari menanyakan apakah dirinya membawa buku bacaan baru.

Buku buku tersebut ia dapatkan sebagian dari rekan rekannya dan sebagian lagi dia beli dengan sebagian uang gaji yang disisihkannya. 

Tindakan Bripka Sugeng ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Bahkan hal ini diakui oleh Penggerak Literasi Digital Nasional, DR. Nasrul Syarif, M.si.

“Yang dilakukan oleh Bripka Sugeng merupakan inspirasi yang luar biasa yang bisa kita tiru bisa kita ambil dan ini adalah upaya membangun literiasi digital juga, ” ujarnya.

Perpustakaan keliling dan taman bacaan yang dibangun oleh Bripka Sugeng ini sangat membantu masyarakat dan menjadi bukti polisi merupakan sahabat masyarakat.

“Ini adalah salah satu bukti bahwa polisi adalah sahabat masyarakat, polisi bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat, inilah teman-teman sekalian apa yang kita tabur maka itu yang akan kita hasilkan, kalau kebaikan yang kita tabur maka akan menghasilkan kebaikan pula, ” ungkap Nasrul.

Hal serupa juga disampaikan Mashoet, tokoh masyarakat Bubutan yang menyebut tindakan mulia Bripka Sugeng ini sangat bermanfaat bagi generasi yang akan menjadi masa depan dari Indonesia.

“Bantuan dari Bripka Sugeng Babinkamtibmas Bubutan sangat amat berguna sekali bagi adik-adik diwarga kami sehingga adik-adik bisa melancarakan niat untuk sehingga menambah wawasan mereka, ” pungkasnya. (Jon)

SURABAYA
Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Previous Article

Sungai Lamong Meluap, TNI – Polri dan BPBD...

Next Article

Sinergi Forkompimda Kota Batu Kembali Temukan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 102

Registered: Nov 8, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 249

Registered: Apr 8, 2021

Sopiyan hadi

Sopiyan hadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 51

Registered: Jul 10, 2020

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Apr 8, 2021

Profle

Sopiyan hadi

Bhabinkamtibmas Polsek Cibeber Polres Lebak Anjangsana dan Bangun Sinergitas Dengan Mahasiswa Kumacitor
Kejurprov Bola Voli Usia 17 Dibuka Wakapolda Jatim
Kapolres Semarang Silaturahmi Ke Gereja Bahas Rencana Pengamanan Ibadah Jelang Natal
Lakalantas Pemotor VS Mobil Pick Up di Bluto Sumenep, Begini Kronologisnya

Follow Us

Recommended Posts

Lakalantas Pemotor VS Mobil Pick Up di Bluto Sumenep, Begini Kronologisnya
Waka Polres Sumenep Pimpin Pengamanan Tahap Kampanye Pilkades Serentak 
Yustisi Gabungan dan Pemeriksaan Kartu Vaksin Serta Aplikasi Peduli Lindungi Temukan Pelanggar Prokes
Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protkes di Wilayah Kecamatan Bluto
Kunjungi Puluhan Pelajar Asal Papua, Kapolres Berikan Motivasi dan Semangat

Random Posts